Selasa, 27 Oktober 2015

SENDING A LETTER



Oleh : MA.Ghofur

Saya akan berbagi pengalaman mengajar mapel Bahasa Inggris kelas IV dengan tema at The Post Office (di kantor pos). Pada kesempatan ini saya mengajak anak-anak untuk bermain kertas yakni membuat amplop. Berikut adalah tahapan-tahapan yang perlu disiapkan.

Bahan : kertas folio warna, gunting, lem, perangko (tiruan)
Langkah :
1.      Buat amplop seperti pada gambar berikut:

2.      Masukkan surat ke dalam amplop
Demi menghemat waktu, guru sudah menyediakan beberapa kata-kata mutiara pendek dan dibagikan ke semua siswa.
3.      Tempelkan perangko tiruan
4.      cantumkan nama dan alamat pengirim serta orang yang dituju di sisi depan amplop
5.      di sini, saya meminta anak-anak memilih salah satu nama kelas 5 yang akan mereka kirimi surat. (ide dadakan. Saya berharap kedua kelas ini bisa rukun. hehe)
6.      sebagai bocoran, di pertemuan lain, kelas 5 akan saya suruh untuk membalas surat tersebut. Hehehe
7.      terakhir, anak-anak saya ajak ke luar kelas.. di sana saya breafing, kelas kita adalah kantor pos dan pak guru jadi pak pos. silakan anak-anak menyerahkan surat kepada pak pos yang ada di dalam.
8.      Lalu anak-anak masuk dan antri dengan rapi (saya terharu sekali. Biasanya mbesuwel rak karuan). SELESAI

pembelajaran ini dapat diolah dengan berbagai aturan baru. Seperti:
1.      model amplop baru. Browsing sendiri di google
2.      anak-anak diminta menulis surat sendiri
3.      surat tersebut ditujukan kepada orang tua. Wah menyentuh banget

sekali lagi, Sayangnya, saya lupa memotret foto kegiatan. Yang jelas anak-anak puas dan bersemangat. Tinggal mengevaluasi hasilnya. Pasti muncul pertanyaan, di mana bahasa inggrisnya? Hahaha.. jawaban : BESOKNYA saya akan evaluasi, setelah kemarin anak-anak membuat sendiri surat dan amplopnya, apa yang ia ingat.. sebutkan dalam bahasa inggris.. taraaa.. sabar pak.. bu… hehehe

Demikian yang dapat saya bagikan. Jangan lupa, sanjung mereka setelah menyelesaikan kegiatan. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar