Minggu, 06 November 2016

PERKEMBANGAN PRAKELAHIRAN DAN KELAHIRAN SERTA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI



PERKEMBANGAN PRAKELAHIRAN DAN KELAHIRAN SERTA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI



Makalah ini disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
Dosen : Husni Mubarok, M.Pd.



Oleh :
Muhammad Abdul Ghofur
(1310320005)
Syafi’I Khoirul Habib
(1310320019)





PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
JURURSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
2016


BAB I
PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang
Manusia pada hakikatnya senantiasa mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Banyak orang yang menganggap bahwa perkembangan kognisi manusia baru dimulai ketika sang jabang bayi baru dilahirkan. Padahal, titik awal dari proses pertumbuhan dan perkembangan manusia yaitu di saat manusia belum lahir yang mana  masih berada di dalam rahim ibu atau dikenal dengan masa pranatal.
Periode pranatal atau prakelahiran merupakan masa kritis bagi perkembangan fisik, emosi, dan mental bayi. Ini adalah suatu masa di mana kedekatan hubungan antara bayi dan orang tua mulai terbentuk konsekuensi yang akan berdampak panjang terutama berkaitan dengan kemampuan dan kecerdasan bayi dalam kandungan.
Oleh karena itu, para orang tua dituntut untuk concern pada pertumbuhan masa pranatal. Mereka harus memperhatikan hal-hal yang seharusnya dilakukan atau dihindari guna menjaga perkembangan janin sehingga sang bayi nantinya lahir menjadi anak yang tumbuh dengan baik sesuai dengan harapan.
Pada kali ini penulis akan memaparkan makalah mengenai tahapan perkembangan prakelahiran dan kelahiran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.


B.        Rumusan Masalah
1.         Bagaimana tahapan perkembangan manusia pada masa prakelahiran dan kelahiran?
2.         Apa faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia masa prakelahiran dan masa kelahiran?

C.        Tujuan
1.      Mengetahui tahapan perkembangan manusia pada masa prakelahiran dan kelahiran
2.      Mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia masa prakelahiran dan masa kelahiran




BAB II
PEMBAHASAN
A.    Perkembangan Manusia pada Masa Prakelahiran
1.      Perspektif Islam
Para ahli psikologi Islam membagi periode pranatal atas beberapa tahap. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Mukminun ayat 12-14 berikut:[1]
Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (sulalatin min thin) dari tanah (12). Kemudian kami jadikan saripati itu air mani (nuthfah) yang disimpan dalam tempat yang kokoh (rahim) (13). Kemudian air mani (nuthfah) itu kami jadikan segumpal darah (mudghah), lalu segumpal darah (‘alaqah) itu kami jadikan segumpal daging (mudghah), dan segumpal daging (mudghah) itu kami jadikan tulang belulang (‘idhom), lalu tulang belulang (‘idhom) itu kami bungkus dengan daging (lahm). Kemudian kami jadikan dia makhluk yang berbentuk lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik  (14).

Tahap-tahap perkembangan masa pranatal berdasarkan Alquran seperti yang dijelaskan pada ayat di atas dapat diuraikan lebih jelas sebagai berikut.
a.         Tahap Sulalatin min thin (saripati tanah)
b.        Tahap Nuthfah
c.         Tahap ‘Alaqah
d.        Tahap Mudhghah
e.         Tahap ‘Idzaman
f.         Tahap Lahman
g.        Tahap Takhalluq (masa perkembangan)

2.      Perspektif Barat
Pada umumnya ahli psikologi Barat membagi periode pranatal atas tiga tahapan yaitu tahap germinal atau zigot, embrionik, dan janin. Untuk lebih jelasnya ketiga tahap perkembangan periode pranatal ini, berikut akan diuraikan masing-masing.[2]
a.    Tahap Germinal (Germinal Stage) atau Zigot
Tahap germinal, yang sering juga disebut periode zigot, ovum, atau periode nuthfah adalah periode awal kejadian manusia. Periode germinal ini berlangsung kira-kira 2 minggu pertama dari kehidupan, yakni sejak terjadinya pertemuan antara sel sperma laki-laki dengan sel telur (ovum) perempuan yang dinamakan dengan pembuahan (fertilization). Saat itu sel sperma laki-laki bergabung dengan sel telur perempuan dan menghasilkan satu bentuk sel baru yang disebut zigot. Zigot ini kemudian membelah-belah menjadi sel-sel yang berbentuk bulatan-bulatan kecil, yang disebut blastokis. Setelah sekitar 3 hari, blastokis mengandung sekitar 60 sel. Pada saat terjadinya pembelahan, blastokis mengapung dan berproses di sepanjang tuba falopi.
Setelah beberapa hari (kira-kira seminggu setelah konsepsi) blastokis menempel di dinding rahim. Blastokis yang telah tertanam secara penuh di dinding rahim inilah yang disebut embrio, dan peristiwa ini sekaligus menandakan akhir dari tahap germinal dan permulaan tahap embrio.
b.      Tahap Embrio (Embriyonic Stage)
Tahap yang kedua dari periode pranatal disebut tahap embrio. Tahap embrio ini dimulai dari 2 minggu sampai 8 minggu setelah pembuahan, yang ditandai dengan terjadinya banyak perubahan pada semua organ utama dan sistem-sistem fisiologis.
Selama periode ini, pertumbuhan terjadi dalam dua pola, yaitu cephalocaudal dan proximodistal. Cephalocaudal artinya proses pertumbuhan yang dimulai dari bagian kepala, kemudian terus ke bagian bawah dan sampai ke bagian ekor. Bagian-bagian dan organ-organ tubuh yang paling penting seperti kepala, pembuluh darah dan jantung lebih dahulu berkembang daripada lengan, tangan dan kaki. Adapun yang dimaksud dengan pertumbuhan secara proximodistal adalah proses pertumbuhan yang dimulai dari bagian-bagian yang paling dekat dengan pusat (tengah) badan, kemudian baru ke bagian-bagian yang jauh dari pusat badan.[3]
Di samping itu, dalam periode embrio ini, terdapat tiga sarana penting yang membantu perkembangan struktur anak yaitu kantong emniotik, plasenta dan tali pusar. Kantong emniotik berisi cairan amniotik, suatu cairan bening tempat embrio mengapung dan berfungsi sebagai pelindung dari goncangan fisik dan perubahan temperatur. Plasenta adalah suatu tempat pada dinding peranakan dimana ibu mensuplai oksigen dan bahan-bahan makanan kepada anak dan anak mengembalikan sisa buangan dari aliran darah.
Sementara itu, tali pusar adalah suatu saluran lembut yang terdiri atas pembuluh-pembuluh darah yang berfungsi menghubungkan embrio dengan plasenta. Tali pusar ini terdiri dari tiga pembuluh darah besar, satu untuk menyediakan bahan makan dan dua untuk membawa sisa buangan ke tubuh ibu.
Periode ini juga ditandai dengan suatu perkembangan yang cepat pada sistem saraf. Hal ini terlihat bahwa pada umur 6 minggu embrio telah dapat dikenali sebagai manusia, tetapi kepala lebih besar dibandingkan dengan bagian-bagian badan lainnya. Pada umur 8-9 minggu, muka, mulut, mata dan telinga sudah mulai terbentuk dengan baik. lengan dan kaki lengkap dengan jari-jarinya sudah nampak. Pada tahap ini organ-organ seks juga mulai terbentuk. Demikian juga dengan otot dan tulang rawan mulai berkembang. Organ dalam, seperti isi perut, hati, pankreas, paru-paru dan ginjal mulai terbentuk dan mulai berfungsi secara sederhana.
c.       Tahap janin (Fetus Stage)
Periode ketiga ini disebut dengan periode fetus atau periode janin. Periode ini dimulai dari usia 9 minggu sampai lahir. Dalam periode ini, ciri-ciri fisik orang dewasa secara lebih proporsional mulai terlihat. Kepala yang tadinya lebih besar dari bagian badan lainnya mulai mengecil. Kaki dan tangan terus meningkat secara substansial. Pada bulan ketiga janin secara spontan sudah dapat menggerakkan kepala, tangan dan kakinya, serta jantungnya mulai berdenyut.[4]
Sel-sel saraf, yang ada sejak minggu ketiga jumlahnya meningkat pesat pada bulan-bulan kedua, ketiga dan keempat. Apakah peningkatan pada saat ini akan terus berkembang atau tidak itu bergantung pada kondisi di dalam tubuh ibu.[5]
Pada bulan keempat dan kelima, ibu sudah bisa merasakan gerakan-gerakan janinnya seperti menonjok-nonjok atau menendang-nendang. Pada saat ini panjang janin kira-kira 4,5 inci.
Pada permulaan bulan ketujuh, panjang janin kira-kira 16 inci dengan berat kira-kira 1,5-2,5kg dan ciri-cirinya sebagai manusia semakin terlihat, terutama ketika rambut atau bulu menumbuhi kepalanya dan mulut mulai menonjol keluar, bergerak-gerak, dibuka dan ditutup, mereguk atau menelan dan menghisap ibu jarinya. Matanya juga mulai berkedip dan ia bisa menangis, meskipun matanya masih tertutup rapat.[6] Pada masa ini pula, janin sudah memiliki kemampuan untuk hidup di luar kandungan. Akan tetapi, bayi yang lahir di usia kehamilan 7 bulan masih harus dibantu untuk proses pernapasannya.
Pada 2 bulan terakhir masa perkembangan pranatal, jaringan lemak terbentuk dan fungsi beberapa organ seperti jantung dan ginjal mulai meningkat. Pada masa 8-9 bulan, janin tumbuh semakin besar dan beratnya mulai substansial, sekitar 1,8 kg.[7]
3.      Ciri masa prakelahiran
Menurut Harlock periode prakelahiran memiliki arti penting bagi perkembangan selanjutnya. Ada enam ciri penting masa kelahiran, yaitu:[8]
a.       Pada saat ini sifat-sifat bauran, yang berfungsi sebagai dasar bagi perkembangan selanjutnya diturunkan sekali untuk selamanya.
b.      Kondisi-kondisi baik dalam tubuh ibu dapat menunjukkan perkembangan sifat bawaan, sedangkan kondisi yang tidak baik dapat menghambat perkembangannya, bahkan sampai mengganggu pola perkembangan yang akan datang.
c.       Jenis kelamin individu baru diciptakan sudah dipastikan pada saat pembuahan, dan kondisi-kondisi pada tubuh ibu tidak akan memengaruhinya, sama halnya dengan sifat bawaan.
d.      Perkembangan dan pertumbuhan yang normal lebih banyak terjadi selama periode pranatal dibandingkan dengan periode-periode lain dalam seluruh kehidupan individu.
e.       Periode prakelahiran merupakan masa yang banyak mengandung bahaya, baik fisik maupun psikologis.
f.       Periode prakelahiran merupakan saat di mana orang-orang yang berkepentingan membentuk sikap-sikap pada diri individu yang baru diciptakan.

4.      Ciri masa periode bayi
Periode bayi merupakan masa perkemabangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa ini ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:[9]
a.       Masa dasar pembentukan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi.
b.      Masa pertumbuhan dan perubahan berjalan cepat, baik fisik maupun psikologi.
c.       Masa kurangnya ketergantungan.
d.      Masa meningkatnya individualitas, yaitu saat bayi mengembangkan hal-hal yang sesuai dengan minat dan kemampuannya.
e.       Masa permulaan sosialisasi
f.       Masa permulaan berkembangnya penggolongan peran seks, seperti terkait dengan pakaian yang dipakaikannya.
g.      Masa yang menarik, baik bentuk fisik maupun perilakunya.
h.      Masa permulaan kreativitas.
i.        Masa berbahaya, baik fisik (seperti kecelakaan) atau psikologis (karena perlakuan yang buruk.

B.     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Prakelahiran dan Kelahiran
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan prakelahiran.
Sebagaimana telah di jelaskan sebelumnya bahwa periode pranatal merupakan periode yang sangat penting dan menentukan perkembangan individu pada periode-periode berikutnya. Selama periode pranatal ini, rahim merupakan lingkungan yang sangat menentukan perkembangan janin. Pada umumnya, kondisi rahim ibu itu sangat nyaman bagi janin dan terlindung dari setiap gangguan. Tetapi, hal ini tidak berarti bahwa janin tersebut secara absolute luput dari pengaruh-pengaruh luar. Pada uraian berikut ini akan di bahas beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan pranatal.[10]
a.       Kesehatan ibu
Penyakit yang di derita ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan masa prenatal. Apalagi penyakit tersebut bersifat kronis, seperti kencing manis, TBC, radang saluran kencing, penyakit kelamin dan sebagainya, dapat mengakibatkan lahirnya bayi-bayi yang cacat.
b.      Gizi ibu
Faktor lain yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan masa prenatal adalah gizi ibu. Hal ini adalah karena janin yang sedang berkembang sangat tergantung pada gizi ibunya, yang diperoleh melalui darah ibunya. Oleh sebab itu makanan ibu-ibu yang sedang hamil harus mengandung cukup protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat untuk menjaga kesehatan bayi. Anak-anak yang dilahirkan oleh ibu yang kekurangan gizi cenderung cacat.
c.       Pemakaian bahan-bahan kimia oleh ibu
Bahan-bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan atau makanan yang ada dalam peredaran darah  ibu yang tengah hamil, dapat mempengaruhi perkembangan janin.
d.      Takhayul
Di Indonesia banyak dipermasalahkan mengenai pengaruh tingkah laku orang tua terhadap keadaan bayi yang akan dilahirkan. Misalnya bila ayah atau ibu  atau keduanya benci sama seseorang, maka anaknya akan mirip dengan orang yang dibenci tadi. Bila ayah atau ibu membunuh seekor hewan, misalnya ular, pada waktu ibu sedang hamil, anaknya akan mempunyai kulit yang bersisik sperti ular. Hal-hal ini semua belum merupakan hasil pembuktian ilmiah..[11]
e.       Keadaan emosional ibu selama kehamilan juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan masa prenatal. Hal ini adalah karena ketika seorang ibu hamil mengalami ketakutan, kecemasan, stres dan emosi lain yang mendalam, maka terjadi perubahan psikologis, antara lain meningkatnya pernafasan dan sekresi oleh kelenjar. Adanya produksi hormon adrenalin sebagai tanggapan terhadap ketakutan akan menghambat aliran darah ke daerah kandungan dan membuat janin kekurangan udara.
f.       Sinar-x (x-ray)
Sinar-X adalah suatu radiasi berenergi kuat yang tergantung pada dosisnya, dapat mengurangi pembelahan sel, merusak materi genetik, dan menimbulkan defek pada bayi yang belum dilahirkan.

2.      Kondisi-kondisi kelahiran yang mempengaruhi perkembangan pasca lahir[12]
a.        Jenis kelahiran
Secara umum kelahiran dapat dibedakan atas empat jenis, kelahiran normal atau spontan, kelahiran dengan peralatan, kelahiran melintang, kelahiran pembedahan ceasar.
b.      Pengobatan ibu
Obat-obatan yang digunakan ibu sebelum dan selama proses kelahiran dapat mempengaruhi kelahiran. Semakin banyak obat yang diberikan pada ibu saat melahirkan, semakin lama dan sulit bayi menyesuaikan diri dengan kehidupan pascalahir. Bayi yang lahir dipaksakan dengan dibantu oleh obat-obatan pembunuh rasa sakit, akan semakin banyak perawatan kesehatan diperlukan setelah kelahiran.
c.       Lingkungan pralahir
Setiap kondisi dalam lingkungan pra lahir yang menghalangi perkembangan janin sesuai dengan tabel waktu yang normal akan lebih banyak mengakibatkan kesulitan pada saat lahir dan penyesuaian pascalahir di bandingkan dengan kondisi lingkungan yang nyaman.
d.      Jangka waktu periode kelahiran
Bayi yang lahir premature,(lahir sebelum waktunya) maupun yang berat lahirnya rendah dianggap sebagai bayi yang beresiko tinggi dan cenderung memperlihatkan gejala perkembangan yang berbeda dengan bayi yang lahir tepat waktu atau lebih lambat. bayi posmatur biasanya lebih cepat dan berhasil menyesuaikan diri dengan lingkungan pasca lahir dibandingkan dengan bayi yang normal sekalipun.
e.       Perawatan pasca lahir
Perhatian dan perawatan yang dilakukan ibu terhadap bayi yang baru dilahirkan mempunyai pengaruh positif terhadap perkembangannya.Bayi yang mendapat perhatian dan perawatan dengan baik cenderung lebih waspada, lebih aktif, dan lebih tanggap terhadap rangsangan luar dibandingkan dengan bayi yang kurang mendapat perawatan.
f.       Sikap orang tua
Hubungan baik orang tua dengan anak dapat membantu bayi dalam menyesuaikan diri dengan lingkuungan baru yang di alami setelah lahir. Demikian pentingnya kondisi atau sikap ibu terhadap penyesuaian diri bayi yang baru lahir.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Masa prenatal merupakan titik awal dari proses pertumbuhan dan perkembangan manusia yaitu di saat manusia belum lahir atau  masih berada di rahim ibu.
2.      Tahap-tahap perkembangan masa pranatal berdasarkan Alquran seperti yang adalah: (a) Tahap Sulalatin min thin (saripati tanah); (b) Tahap Nuthfah; (c) Tahap ‘Alaqah; (d) Tahap Mudhghah; (e) Tahap ‘Idzaman; (f) Tahap Lahman; (g) Tahap Takhalluq (masa perkembangan).
3.      Pada umumnya ahli psikologi Barat membagi periode pranatal atas tiga tahapan yaitu tahap germinal atau zigot, embrionik, dan janin.
3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan prakelahiran antara lain: (a) Kesehatan ibu; (b) Gizi Ibu; (c) Pemakaian Bahan-Bahan Kimia Oleh Ibu; (d) Takhayul; (e) Keadaan Dan Ketegangan Emosi Ibu; (f) Sinar-X (X-ray) dan Kehamilan
4.      Kondisi-kondisi kelahiran yang mempengaruhi perkembangan pasca lahir antara lain: (a) Jenis kelahiran; (b) Pengobatan ibu; (c) Lingkungan pra lahir; (d) Jangka waktu periode kelahiran; (e) Perawatan pasca lahir; (f) Sikap orang tua


DAFTAR PUSTAKA
Desmita. Psikologi Perkembangan. 2010. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Elizabeth B. Hurlock. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. terj. Istiwidiyanti dan Soedjarwo. 2002.  Jakarta: Penerbit Erlangga.
John W. Santrock. Masa Perkembangan Anak. terj. Verawaty Pakpahan.  2009.  Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Meilina Rupiani. Makalah Perkembangan Masa Pranatal Dan Kelahiran Pada Peserta Didik. Program Study D-III Kebidanan Uninersitas Respati Yogyakarta. Tahun 2014/2015
Muhibbin Syah. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. 2014. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rizma Alifatin dkk.. Makalah Perkembangan Prakelahiran Dan Kelahiran. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan  Universitas PGRI Yogyakarta. Tahun 2014.
Siti Rahayu Haditono. Psikologi Perkembangan. 2006. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press:.
Syamsu Yusuf L.N. dan Nani M. Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik; Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) bagi para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). 2013. Depok: PT RajaGrafindo Persada. hal. 10-11



[1] Muhibbin Syah. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. 2014. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Hal. 5
[2] Rizma Alifatin dkk. Makalah Perkembangan Prakelahiran Dan Kelahiran. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan  Universitas PGRI Yogyakarta. Tahun 2014.
[3] Syamsu Yusuf L.N. dan Nani M. Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik; Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) bagi para Mahasiswa Calon Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). 2013. Depok: PT RajaGrafindo Persada.Hal. 5
[4] Desmita. Psikologi Perkembangan. 2010. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hlm. 69.
[5] Elizabeth B. Hurlock. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. terj. Istiwidiyanti dan Soedjarwo. 2002.  Jakarta: Penerbit Erlangga. hlm. 36.
[6] Desmita. Psikologi Perkembangan... hlm. 74.
[7] John W. Santrock. Masa Perkembangan Anak. terj. Verawaty Pakpahan.  2009.  Jakarta: Penerbit Salemba Humanika. hlm. 120.
[8] Syamsu Yusuf L.N. dan Nani M. Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik hal. 10-11
[9] Syamsu Yusuf L.N dan Nani M. Sugandhi. Perkembangan Peserta Didik. . hal. 11
[10] Desmita Psikologi Perkembangan ... hlm. 71-73.
[11] Siti Rahayu Haditono. Psikologi Perkembangan. 2006. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal,. 53  
[12] Meilina Rupiani. Makalah Perkembangan Masa Pranatal Dan Kelahiran Pada Peserta Didik. Program Study D-III Kebidanan Uninersitas Respati Yogyakarta. Tahun 2014/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar